26/06/13

"KEISTIMEWAAN MEMBACA SHALAWAT NABI"

"KEISTIMEWAAN MEMBACA SHALAWAT NABI"

Simaklah baik-baik uraian berikut. Jika kita membaca catatan ini dengan penuh penghayatan, maka insyaAllah hati kita akan bergetar sedemikian rupa. Sehingga hati kita akan tergerak untuk selalu bershalawat atas Nabi Muhammad SAW. Terutama setelah mengetahui Doa Malaikat Israfil kepada Allah SWT untuk orang-orang yang senantiasa bershalawat kepada Beliau.

Rasulullah SAW bersabda : "Bahwa Malaikat Jibril, Malaikat Mikail, Malaikat Israfil dan Malaikat Izrail berkata kepadaku :

» MALAIKAT JIBRIL BERKATA :
"Wahai Rasulullah, barangsiapa yang membaca shalawat kepada engkau pada tiap-tiap hari sebanyak 10 kali, maka akan aku bimbing tangannya dan akan aku bawa dia melintasi shirath (titian) seperti (kecepatan) kilat menyambar."

» MALAIKAT MIKAIL BERKATA :
"Mereka yang bershalawat kepada engkau, maka akan aku beri mereka minum dari telagamu."

» MALAIKAT ISRAFIL BERKATA :
"Mereka yang bershalawat kepada engkau, maka aku akan bersujud kepada Allah SWT dan aku tidak akan mengangkat kepalaku sehingga Allah SWT mengampuni orang (yang bershalawat) itu."

» MALAIKTA IZRAIL :
"Bagi mereka yang bershalawat kepada engkau, maka akan aku cabut ruh mereka itu dengan selembut-lembutnya cara seperti aku mencabut ruh para Nabi."

Ada sedikit pertanyaan yang menggelayut dalam pikiran. Seberapa seringkah kita membaca shalawat kepada Rasulullah SAW? Padahal para Malaikat memberikan jaminan keselamatan bagi masing-masing orang yang senantiasa bershalawat kepada Rasulullah SAW? Atau seberapa seringkah kita mengingat Rasulullah SAW serta mencontoh apa yang telah diteladani Beliau? Tentu masing-masing dari kita sudah bisa menjawabnya. Karena hanya Allah dan kita sendirilah yang paling tahu.

Lalu seperti apakah bacaan Shalawat itu? Bacaan Shalawat Nabi sangat beragam. Dan berikut ini adalah salah satu yang umum diucapkan oleh kebanyakan kaum muslimin.

"Allahumma shalli wasallim 'ala sayyidina Muhammad. Wa'ala ali sayyidina Muhammad."

Dalam Al-Qur'an Allah SWT Berfirman :
"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu sekalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al-Ahzab 56)

Rasulullah SAW juga bersabda :
"Bershalawatlahkamu kepadaku, karena shalawat itu menjadi zakat penenang jiwa serta (menjadi) pembersih dosa bagimu." (H.R. Ibnu Murdawaih)

Dalam riwayat lain Abu Hurairah r.a. berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda :
"Janganlah engkau menjadikan rumah-rumahmu sebagai kubur dan menjadikan kuburku sebagai persidangan hari raya. Bershalawatlah kepadaku, karena shalawatmu (akan) sampai kepadaku dimanapun kamu berada (membaca)." (H.R. An-Nasai, Abu Dawud dan Ahmad)

Jelaslah sekarang betapa besarnya keistimewaan Shalawa Nabi. Dan betapa bermanfaatnya bagi orang-orang yang senantiasa meluangkan waktunya untuk bershalawat.

Semoga bermanfaat dan semoga setelah membaca uraian ini akan menggerakkan hati kita semua untuk selalu bershalawat kepada Rasulullah SAW dimanapun kita berada.

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Labels

Labels

Animated Spinning Kunai - Naruto
Diberdayakan oleh Blogger.

About Me