23/06/13

KENAPA MALAS MENGUCAPKAN "AAMIIN" SETELAH AL FATIHAH ?

Yahudi saja sangat iri dengan adanya ta'min (mengucapkan amin dalam shalat dan do'a) pada kaum Muslimin.Hal ini sebagaimana dijelaskan di dalam suatu hadits,bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ الْيَهُوْدَ قَوْمٌ حَسَدٌ وَ إِنَّهُمْ لاَ يَحْسِدُوْنَنَا عَلَى شَيْءٍ كَمَا يَحْسِدُوْنَنَا عَلَى السَّلاَمِ وَ عَلَى (آمِيْنَ )
...
"Sesungguhnya yahudi adalah kaum yang penuh hasad dan mereka tidak hasad kepada kami tentang sesuatu yang melebihi hasadnya mereka kepada kita dalam salam dan ucapan Aamiin."

[HR Ibnu Khuzaimah dalam shahihnya 1/73/2 dan dinilai shahih oleh syaikh Al Albani rahimahullah dalam Silsilatul Ahaditsish Shahi hah 2/312].

KEUTAMAAN MEMBACANYA

1.Menjadi sebab terampuninya dosa apabila ucapan aamiin itu bersamaan dengan aamiinnya para malaikat. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إِذَا أَمَّنَ الإِمَامُ فَأَمِّنُوا فَإِنَّهُ مَنْ وَافَقَ تَأْمِينُهُ تَأْمِينَ الْمَلاَئِكَةِ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Apabila imam mengucapkan 'aamiin' maka ucapkanlah 'aamiin',karena siapa yang ucapan aamiinnya bersamaan dengan ucapan aamiin para malaikat maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." [HR.Bukhari no. 111 dan Muslim 4/128]

2.Menjadi penyebab terkabulnya do'a,seperti yang dijelaskan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dalam sabda Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam :

إِذَا صَلَّيْتُمْ فَأَقِيمُوا صُفُوفَكُمْ ثُمَّ لْيَؤُمَّكُمْ أَحَدُكُمْ فَإِذَا كَبَّرَ فَكَبِّرُوا وَإِذَا قَالَ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّينَ فَقُولُوا آمِينَ. يُجِبْكُمُ اللَّهُ

"Apabila kalian shalat maka luruskanlah shaf (barisan) kalian kemudian hendaknya salah seorang diantara kalian menjadi imam. Apabila imam bertakbir maka kalian bertakbir dan bila imam mengucapkan 'GHAIRIL MAGHDHUUB BI 'ALAIHIM WALAADH-DHAALIIN' maka ucapkanlah: Aamiin,niscaya Allah mengabulkannya." [HR Muslim no. 4/119] Wallahu a'lam

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Labels

Labels

Animated Spinning Kunai - Naruto
Diberdayakan oleh Blogger.

About Me